Tuesday, August 30, 2011

Tropical Storm Hurricane : Badai Irene terjang pesisir timur Amerika

Badai Irene telah mencapai daratan pesisir timur Amerika Serikat dengan kecepatan angin maksimum hingga 140 km/jam.

Badai Irene menerjang North Carolina Sabtu pagi (27/8) waktu setempat dan terjangan angin kencang membuat ombak laut menghantam sebagian wilayah negara bagian. Secara keseluruhan, sebanyak dua juta penduduk di kawasan pesisir timur Amerika diperintahkan untuk evakuasi, termasuk New York.




dua juta warga meninggalkan rumah mereka, photo : BBC
Walikota New York Michael Bloomberg mengeluarkan seruan terakhir kepada warga untuk meninggalkan kota bila mereka tinggal di tempat-tempat yang diperkirakan dilalui badai. Bloomberg mengatakan badai ini mengancam keselamatan penduduk. "Tetap tinggal adalah tindakan berbahaya, tetap tinggal adalah tindakan bodoh dan bertentangan dengan hukum dan kita menyerukan kepada semua orang yang berada di kawasan evakuasi untuk tidak menunggu lagi," katanya.

Para pejabat kota New York mengatakan transportasi publik digratiskan hari ini sebelum seluruh sistem transportasi dihentikan total. Badai Irene sekarang mendekati New York setelah menghantam North Carolina.

Sekitar 200.000 penduduk khususnya di pesisir selatan North Carolina tanpa aliran listrik Sabtu pagi. Lebih dari 200.000 orang telah dievakuasi ketika gelombang tinggi dan angin kencang menerjang pulau-pulau di sekitar daratan utama.

Sebelumnya Presiden Obama mempersingkat liburan bersama keluarga dan kembali ke Washington untuk mengawasi penanganan tanggap darurat dalam menghadapi badai. Presiden juga meminta masyarakat untuk segera mencari tempat yang aman.




toko long beach, newyork, photo : BBC
Supermarket kehabisan barang seperti toko di Long Beach, New York ini "Saya tak bisa tekankan betapa pentingnya hal ini: kalau Anda berada di wilayah cakupan badai ini, bersiaplah sekarang juga," tegasnya. "Jangan tunggu lagi, jangan tunda. Kita harapkan yang terbaik tapi kita juga harus bersiap menghadapi yang terburuk. Kita harus memperhitungkan bencana ini dengan serius."

Departemen pertahanan telah menyiapkan 200 truk untuk mengangkut bantuan dan 100.000 pasukan National Guard disiagakan. Palang Merah Amerika menyiapkan puluhan tempat penampungan sementara di sepanjang kawasan pesisir timur. Sejumlah toko serba ada kehabisan barang karena warga memborong air minum, makanan, obat-obatan dan keperluan lain.

No comments:

Post a Comment