Tuesday, August 30, 2011

Storage store EMC VNXe, solusi SMB

logo VNXe

David Webster selaku President EMC South East Asia, Australia & New Zealand memaparkan mengenai berbagai hal yang telah dicapai oleh EMC pada awal tahun 2011 ini. EMC memegang peranan penting dalam sejarah industry media penyimpanan, serta EMC juga memperkenalkan 41 produk terbaru untuk jajaran corporate. David mengatakan bahwa konvergensi network di dunia IT mengacu kepada sebuah perubahan yang menghasilkan penekanan pada segi biaya yang tentunya berusaha meningkatkan kinerja dan lebih efisien.

Sementara penggunaan penyimpanan data dari waktu berkembang pesat, bahkan diperkirakan pada tahun 2020 mendatang akan mencapai 35,2 Zettabytes, yang merupakan peningkatan sebesar 44x dari tahun 2009. Oleh karena ini, media penyimpanan tidak dapat dipandang sebelah mata, karena memegang peranan yang sangat penting, baik pada sektor pengguna, maupun pada sektor enterprise data.


EMC kini menghadirkan storage VNXe yang diperuntukkan sebagai media penyimpanan pada sektor UKM/SMB. Storage seri VNXe ini dirancang dengan sasaran perusahaan yang budget IT-nya tidak terlalu besar, dengan user < 1000 orang, dengan data center yang kecil serta human resources-nya tidak terlalu banyak.

EMC VNXe adalah storage iSCSI SAN sekaligus NAS dalam 1 box atau dikenal sebagai teknologi unified storage. Dengan storage VNXe, SAN (storage area network) yang harganya mahal menjadi terjangkau dan sebagai NAS (network attached storage), VNXe mampu menggantikan peranan file server sehingga memangkas biaya penambahan file server.

Single Management
Salah satu keunggulan VNXe adalah single console yang user friendy yaitu unisphere. Console/admin interfacenya dirancang dengan kombinasi wizards yang memudahkan seorang IT generalist untuk memanage storage. Tidak dibutuhkan keterampilan khusus atau skill storage administrator yang advance untuk memanage storage ini. konfigurasi yang mudah dan cepat, bahkan dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik saja. 
Unisphere
Penghematan kapasitas dan deduplikasi
Kapasitas pada EMC VNXe meningkat sebanyak 2 kali lipat, dan memangkas 50% penghematan biaya. Hal ini karena storage VNXe memiliki teknologi thin provisioning dan file deduplication. Thin provisioning adalah teknologi storage yang memungkinkan provisioning alokasi storage dapat dilakukan secara virtual sehingga tidak ada kapasitas yang tidak terpakai. Deduplikasi adalah teknologi yang memungkinkan duplikasi file-file yang disimpan dalam storage dihilangkan. File-file yang sebenarnya sama/identik yang disimpan berulang kali oleh pihak user yang berbeda akan didedup menjadi single instance, sehingga menghemat kapasitas. 
VNXe 2x more efficient

Kemudahan EMC VNXe dengan berbagai piranti lunak pendukung, hingga kemudahan dalam hal penggunaannya tentunya menambah nilai plus. VNXe hadir dalam 2 pilihan yaitu VNXe3100 dan VNXe3300. Perbedaan utama dari kedua seri ini adalah VNXe3300 sudah support untuk iSCSI 10GBps.


What is EMC? Siapakah EMC?

EMC adalah perusahaan infrastrukture Informasi yang fokus pada segala hal yang berkaitan dalam pengelolaan data/informasi. EMC lebih sering dikenal sebagai perusahaan storage, namun portfolio EMC sekarang bukan hanya storage, namun juga software replikasi, backup, solusi virtualisasi dan sekurity. EMC

No comments:

Post a Comment